Monday, April 15, 2013


Satu lagi makanan khas Solo yang wajib untuk dicoba adalah Tengkleng Solo. Tengkleng Solo merupakan makanan semacam gulai kambing yang kuahnya tidak memakai santan. Meskipun hidangan jenis ini berbahan dasar utama kambing, jangan dibayangkan kalau isi tengkleng akan penuh dengan daging saja. Isi tengkleng hanyalah tulang-belulang kambing dengan sedikit daging yang masih menempel ditemani dengan sate usus, sate jerohan, otak, dan juga organ-organ lainnya, seperti mata, telinga, bagian pipi kambing, kaki, dan lain-lainnya.

Dengan sajian yang hanya berupa tulang-belulang pasti menyisakan pertanyaan bagi para pembaca mengenai bagian mana yang bisa dimakan. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah, kenikmatan menyantap tengkleng akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan menyedot isi tulangnya.

Untuk menikmati satu porsi tengkleng, biasanya pembeli hanya akan ditarif Rp 20.000 sampai dengan Rp 40.000. Agar lebih menghemat, ada sajian dengan ukuran porsi keluarga (4-5 orang) yang ditarif hanya Rp 100.000.

Tengkleng Solo yang paling diminati adalah di Warung Ibu Ediyen yang berlokasi di Gapura Pasar Klewer Solo dan Warung Tengkleng Yu Tentrem yang ada di Jalan Letjen Sutoyo, Bibis, Solo.

Tagged:

0 comments :