Monday, April 15, 2013


Khas lain dari Kota Solo selanjutnya yang sayang bila dilewatkan adalah Tahu Bakso Unggaran. Kota tetangga, yakni Kota Semarang juga memiliki Bakso Tahu Unggaran sebagai salah satu kuliner khas daerahnya. Perdebatan mengenai daerah asli asal makanan ini tidak menemukan jawabannya hingga sekarang. Meski demikian, baik masyarakat Kota Solo maupun Semarang meyakini bahwa makanan ini dibawa oleh pedagang Tionghoa pada jaman dahulu kala.

Tahu Bakso Unggaran biasanya berbentuk persegi panjang. Namun tak jarang juga ditemukan dalam bentuk segitiga. Secara komposisi, Tahu Bakso Unggaran berbahan dasar tahu. Lalu, bagian tengahnya berisi daging giling, seperti halnya proses pembuatan bakso. Tahu bakso unggaran sangat nikmat jika disajikan dalam bentuk goreng maupun direbus dengan kuah daging.

Untuk mencicipinya, pembeli tidak perlu berpikir lama. Dengan merogoh kocek antara Rp 10.000 - Rp 15.000 saja pembeli bisa langsung mendapatkan satu porsi Tahu Bakso Unggaran. Sedangkan untuk lokasi pembeliannya sendiri bisa ditemukan di sepanjang daerah Unggaran, Solo. Dua tempat yang paling direkomendasikan adalah Tahun bakso Woning yang bertempat di Jalan Kakap Raya, Sebantengan, Unggaran Barat dan Tahu Bakso Bu Yatmi yang berlokasi di Jalan Kepodang III/15A, Unggaran Timur.

Tagged:

0 comments :