Monday, April 15, 2013


Melengkapi daftar kuliner yang harus dijajal saat berkunjung ke Kota Solo adalah Nasi Timlo. Nasi Timlo Solo merupakan masakan khas Solo, Jawa Tengah yang terdiri dari nasi, mie putih atau soun, suwiran daging ayam, sosis solo, dan telur kecap. Sekilas nasi timlo terlihat menyerupai soto. Setelah dicicipi, rasa kuah nasi timlo lebih gurih dan segar seperti kuah sop.

Selain itu, hal lain yang membedakan nasi timlo dengan soto adalah komposisinya. Nasi timlo tidak menggunakan sayuran. Bahan yang bisa ditemui di dalam nasi timlo dan tidak ada di soto, yakni sosis solo (sejenis lumpia dengan isi ayam). Satu lagi yang memberdakannya dengan soto, nasi timlo menggunakan telur kecap yang manis dimana kebanyakan soto lain hanya menggunakan telur rebus biasa. Untuk bisa menikmatinya, pembeli hanya perlu menyisihkan uang maksimal Rp 15.000 per porsinya.

Untuk rekomendasi, tempat yang menjual nasi timlo yang terkenal kelezatannya ada di Warung Timlo Sastra yang bertempat di Jalan Pasar gede Timur No. 1-2, Balong, Solo atau Warung Timlo Mbak Yanti yang berlokasi di Jalan Mr. Sartono, Surakarta.

Selamat mencoba!

Tagged:

0 comments :